Jak Lom U Banda…..!

Jak lom u banda…..kata2 yang pernah populer di aceh pada tahun 2007-2008 dan sekarang ini tahun 2009 sudah berganti dengan kata slogan baru yang masih ngetop2nya di aceh..”eh malam..”…sejenak saya berpikir jak lom u banda, merupakan sebuah kalimat jenis kutukan dengan irama halus diucapkan dengan intonasi yang keras kerap diucapkan masyarakat aceh dalam keadaan sadar dan tidak sadar dalam kehidupan sehari2. terkadang sedih jgua mendengar kalimat tersebut yang diambil dari lirik lagu aceh. dulu ketika mendengar “Jak lom U Banda!!” teringat beberapa tahun silam ketika hendak berangkat kebanda aceh. tamat SMA melanjutkan studi diperguruan tinggi, haru biru keluarga melepaskanku naek mini bus, tidak henti2 sang ibu memberikan nasehat. aku terharu juga mendengarkannya…sang ibu berharap aku masuk jurusan fkip agar kelak menjadi cek gu..tapi nyatanya lulus di fakultas lain….

Kawan seangkatan yang berangkat denganku juga mengalami hal yang sama, sang ibunya berharap dia lulus di fkip, kawanku juga terharu berat karena cuma dia harapan satu-satunya keluarga, kakak2nya sudah berkeluarga. ketika mobil berangkat sang ibu sempat menuliskan “FKIP” dengan jari telunjuk di kaca mobil yang penuh debu,  mobil perlahan berlalu menuju banda aceh meninggalkan desa kecil dikaki bukit pantai barat aceh….dan Alhamdulillah dia lulus di fkip…xi(jangan ketawa iah,..dosa!!!)

Sampai sekarang ketika mendengar kalimat jak lom u banda sejenak ingatan kembali beberapa tahun silam ada haru, bahagia dan sedih bercampur menyatu menjadi kekuatanku disela-sela doa  untuk tetap berjuang menuntut ilmu…meskipun misiku menjadi sarjana hampir padam kini telah menyala kembali.

About pasierajaku

pasie raja akan bangkit karena putra-putrinya punya potensi-potensi luar biasa......mari buktikan...untuk pasie raja.......

Posted on Maret 12, 2010, in cerita and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: