Kampus Politeknik Sementara di Ruko Reklamasi Pantai Tapaktuan

Tapaktuan,

Menunggu ditetapkannya lokasi pembangunan kampus Politeknik Kabupaten Aceh Selatan, panitia telah merencanakan lokasi kampus sementara dipusatkan di kompleks ruko kawasan reklamasi pantai, di sekitar kompleks pelabuhan laut Tapaktuan, Ibu Kota Kabupaten Aceh Selatan.

Wakil Bupati Aceh Selatan, Daska Aziz menjelaskan, pemanfaatan bangunan baru deretan ruko dilakukan dengan merombak dan menata sedemikian rupa, sehingga menjadi layak sebagai kampus dan tempat penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. “Ini dipersiapkan agar aktivitas kuliah perdana sekaligus peresmian Politeknik yang sudah dijadwalkan 10 Oktober 2010 ini bisa terlaksana,” kata Daska Aziz dua hari lalu di Tapaktuan.

Menjawab pertanyaan menyangkut lokasi kampus permanen Politeknik Aceh Selatan, menurut Wabup, belum bisa dipastikan yang mana yang akan ditunjuk dari empat calon lokasi. Keempat calon lokasi yang sudah disurvei, yaitu, Rasian di Kecamatan Pasie Raja, Bukit Aroya Tapaktuan yang berada di sekitar lokasi objek wisata Kelurahan Lhok Bengkuang, SMK Samadua, dan Peulumat.

Hal senada diungkapkan Ketua DPRK, Safiron, dengan mengatakan, yang akan menetapkan lokasi pembangunan kampus Politeknik nantinya adalah Tim Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan RI yang telah melakukan survei awal untuk memilih lahan dan lokasi yang tepat, layak, efisien sekaligus melakukan studi kelayakan Poltas. Namun, dari empat calon lokasi, kemungkinan yang memenuhi syarat adalah Bukit Aroya Tapaktuan dan SMK Samadua.

Anggarkan Dana Rp10 miliar

Baik Wakil Bupati Daska Aziz maupun Ketua DPRK Safiron mengatakan, terkait pembangunan Politeknik, pada tahun anggaran 2010 ini Pemkab Aceh Selatan telah menganggarkan dana sebesar Rp10 miliar dengan pengalokasiannya secara bertahap. Selain itu, akan mengirim calon dosen dan tenaga administrasi akademis untuk mengikuti pelatihan dan pemagangan ke berbagai tempat.

Yaitu, pada Politeknik Aceh (tentang metodologi pengajaran Politeknik, Politeknik Caltex Riau (tentang sistem manajemen Politeknik, outbound, Polman Timah Bangka magang dan pengembangan bahan ajar calon dosen program studi tehnik mesin, Poman Negeri Bandung magang dan pengembangan bahan ajar bagi calon dosen program studi teknik industri, Politeknik Caltex Riau untuk magang dan pengembangan bahan ajar calon dosen program studi teknik komputer dan prodi teknik informatika.

Menyongsong peresmian dan penyelenggaraan kuliah perdana yang dijadwalkan 10 Oktober 2010 yang akan datang, menurut Daska Aziz penerimaan mahasiswa dijadwalkan Juli hingga September. Dalam kaitan itu, sebelumnya dilakukan sosialisasi kepada siswa-siswa SLTA di Kabupaten Aceh Selatan serta menyiapkan bahan peragaannya.

Politeknik Aceh Selatan berstatus Badan Hukum Pendidikan Masyarakat (BHPM) dengan level D-3 (Ahli Madya) dan program matrikulasi 3 bulan ditambah enam semester kuliah regular, kuliah dan pratikum 30 jam/minggu (5 hari/minggu) plus 1 hari kegiatan ekstra kurikuler dan kerja praktik 2 bulan. Adapun program studi meliputi teknik komputer (sistem networking), teknik informatika (pengembangan aplikasi), teknik mesin (sitem refrigerasi), teknik industri (industri pertambangan).

About pasierajaku

pasie raja akan bangkit karena putra-putrinya punya potensi-potensi luar biasa......mari buktikan...untuk pasie raja.......

Posted on Maret 23, 2010, in NEWS and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. smoga bsa brsaing dngan poltek yg lain..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: