DPRK Aceh Selatan Sepakat Stop Tambang Bijih Besi

TAPAKTUAN – Rapat paripurna DPRK Aceh Selatan, hasil pansus pertambangan batu bijih besi di kawasan Desa Simpang Dua Manggamat, Kecamatan Kluet Tengah, Kamis (10/3) memutuskan operasional pertambangan yang diekploitasi Koperasi Serba Usaha (KSU) Tiega Manggis bekerjasama dengan PT Pinang Sejati Utama (PT PSU) dihentikan sementara.Ikut hadir dalam rapat paripurna itu, Sekdakab Drs H Harmaini M Si, Kapolres Aceh Selatan, AKBP Bambang Syafrianto SIK, unsur Muspida dan unsur Muspika Kecamatan Kluet Tengah, Kluet Utara, Pasie Raja dan Bakongan Timur. Pantauan Serambi, rapat paripurna di Gedung DPRK tentang hasil pansus pertambangan yang dihadiri 22 anggota DPRK itu berlangsung panas dan diwarnai ‘hujun’ intrupsi.

Hal itu berawal ketika Ketua Tim Pansus, Zulfar Arifin membacakan laporan hasil pansus yang dilakasanakan belum lama ini di pertambangan bijih besi Desa Simpang Dua Manggamat, Kluet Tengah dan Pelabuhan Ujong Pulo Bakongan Timur tempat penimbunan material pertambangan tersebut.

Dimana dalam laporannya Zulfar Arifin dinilai tidak transparan dan tidak menghargai pendapat anggota Pansus. Sebab, dalam laporan tersebut Zulfar tidak membacakan penyimpangan yang dilakukan oleh KSU Tiega Manggis dan PT PSU. Suasana baru mencair setelah Ridwan Mas yang juga sebagai Sekretaris Tim Pansus mengambil alih membacakan laporan pansus itu serta membeberkan semua penyimpangan.

Setelah pembeberan hasil pansus, rapat paripurna itu dilanjutkan dengan pendapat akhir fraksi yang diawali dari Fraksi Partai Aceh (FPA) disampaikan Zulfadli, dilanjutkan Fraksi Demokrat yang dibacakan Rajuddin Abas, Fraksi Karya Bangsa dibacakan Khairul Yacob dan terakhir Fraksi PKPI disampaikan Muhizar.

Keempat fraksi itu dalam pendapat akhirnya, memaparkan secara terbuka tentang penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh KSU Tiega Manggsi dan PT PSU. Antara lain masalah kerusakan jalan kabupaten, kerusakan lingkungan, masalah royalty dan perluasan titik koordinat dari areal yang diberikan. Bahkan juga masalah kandungan mas yang terdapat dalam bijih besi itu juga tidak pernah dilaporkan ke Pemkab. “PT PSU bukan hanya mengekspor bijih besi. Tapi seiringan dengan itu perusahaan itu juga sudah mengirim belasan ton emas ke negeri Cina. Karena menrut hasil tes laboratorium dinyatakan tambang batu bijih besi itu mengandung emas,”kata Ridwan Mas.

Dari empat fraksi yang menyampaikan pendapat akhir itu, tiga diantaranya, yakni Fraksi Partai, Fraksi Karya Bangsa dan Fraksi PKPI menyepakati pertambangan itu ditutup sementara. Sementara satu-satunya fraksi yang meminta semua operasional pertambangan itu ditutup total, yakni Fraksi Demokrat. Dari hasil pendapat akhir fraksi itu, DPRK setempat memutuskan rekomendasi ke pihak eksekutif untuk dapat memberhentikan sementara operasional pertambangan bijih  besi di kawasan Desa Simpang Dua Manggamat. Operasional pertambangan itu baru bisa dibuka kembali setelah KSU Tiega Manggis dan PT PSU memenuhi tuntutan masyarakat dan melengkapi administrasi. “Rekomendasi menutup sementara pertambangan itu akan dirumuskan di badan musyawarah (Banmus) dewan. Paling lama Senin depan rekomendasi penutupan pertambangan itu sudah diserahkan ke eksekutif untuk ditindaklanjuti,”kata Safiron.

About pasierajaku

pasie raja akan bangkit karena putra-putrinya punya potensi-potensi luar biasa......mari buktikan...untuk pasie raja.......

Posted on Maret 11, 2011, in NEWS. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Anggota DPRK Tapak Tuan berinisial Zf yg juga ketua Fraksi tersangkut masalah asusila di kota Medan…
    Anggota DPR tersebut bersama-sama dengan teman2 satu profesinya mengadakan Party Sex di sebuah Hotel Mesum di daerah Medan Baru Medan Sumatra Utara…

    BAGI SIAPA YANG BUTUH INFORMASI LEBIH HUBUNGI SAYA PUNYA BUKTI
    HATI-HATI DALAM MEMILIH WAKIL ANDA KEDEPANNYA…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: