Negeri Dongeng

Dunia ini tidak ubah bagaikan sebuah panggung sandiwara.Masing-masing memiliki peran yang harus dimainkan, semakin hari peran-peran itu akan semakin rumit dan satu persatu mulai kehilangan peran kemudian digantikan oleh oleh tokoh baru. negeri yang dulu damai dan tentram terikat dengan hukum adat serta dibingkai dengan kearifan lokal berubah menjadi negeri yang lucu dengan tokoh-tokoh aneh didalamnya berperan sebagai tokoh 2penting. tidak salah bila ternyata dunia ini menjadi aneh dan membingungkan.

pasie rajaku a

Disebuah negeri, hiduplah seorang lelaki muda yang miskin menderita ditambah hina, setiap harinya makan sampah dan dedaunan untuk bertahan hidup. hari berganti minggu, bulan berganti tahun lelaki muda tersebut menjalani hidup sebagai mana yang telah dia gariskan sendiri bahwa dia adalah rakyat jelata. hingga suatu hari ketika sedang memungut sampah untuk dimakan lelaki muda melihat sebuah iklan yang ditayangkan ditelevisi pesannya bahwa “Dunia ini berputar”. lelaki muda tertawa sampai berlinang air mata mengutuk iklan tersebut habis-habisan karena itu hanyalah bentuk motivasi palsu yang tidak akan pernah berlaku kepada makhluk seperti dirinya hina dan miskin. Meskipun dalam hati tidak percaya namun jauh lagi di dasar hatinya penasaran mungkin saja itu benar, dunia ini berputar.

Sebulan kemudian lelaki muda tersebut membuat sebuah rencana dimana akan dibentuknya sebuah grup pemakan sampah dan dedaunan sebagai komunitas untuk saling berbagi dan berkumpul. awalnya hanya dua orang yang berkeinginan untuk begabung, karena pengalaman hidup yang rumit dan berat tidak sulit untuk mencari anggota sebanyak-banyaknya. hingga sebulan kemudian anggota grup pemakan sampah dan dedaunan sudah semakin ramai tersebar hingga keseluruh pelosok negeri. bulan-bulan berikutnya lelaki muda sudah sangat tenar dan paling dikenal diseluruh negeri.

Rencana pertama sudah berjalan dengan baik, selanjutnya lekaki muda hanya perlu menanamkan simpati kepada anggota pemakan sampah dan dedaunan baik melalui kegiatan dalam grop maupun dalam masyarakat. akhirnya lelaki muda berhasil menciptakan dirinya sebagai tokoh yang sangat berpengaruh. dua rencana besar telah sukses dijalankan dengan baik langkah selanjutnya yaitu mencari support dana dengan memasuki dunia bisnis dengan cara yang halus seperti virus dan buktinya beberapa perusahaan tidak merasa berat untuk memberikan uang dalam jumlah besar sebagai dana operasional grop.

Lelaki muda yang dulunya hina, dekil dan hitam dijilat matahari sekarang berubah sebagai seorang tokoh penting dalam masyarakat ditmabah kekayaan. Merasa sudah cukup lelaki muda barulah mulai melangkah pada inti dari misi utamanya yaitu ‘MENJADI PEMIMPIN NEGERI”. yang dibutuhkan lelaki muda untuk mewujudkan impian itu hanya dengan beberapa kampanye, misalnya bahwa negeri ini butuh perubahaan, butuh keadilan, butuh hak untuk hidup dan bla..bla……

Masyarakat yang gemetar karena kelaparan begitu senang mendengar kata-kata kesejahteraan walaupun tanpa merasakan, namun kata-kata itu sudah lebih dari cukup untuk melepaskan dahaga akan kehausan keadilan yang selama ini mereka alami. Seluruh negeri bergetar meng-agungkan nama lekaki muda. seolah lelaki muda adalah penyelemat dari ketidakadilan didalam negeri. Lekaki muda tertawa senang melihat simpatisan nya sudah mulai terbakar semangatnya untuk menjadi jembatan untuk meraih impiannya.selanjutnya lelaki muda hanya menanti waktu yang tepat dan menggerakkan seluruh simpatisannya untuk bereaksi, dukungan simpatisan yang begitu besar bak badai tidak butuh waktu lama untuk menjatuhakn ‘pemimpin negeri yang sah”.

Lelaki muda kini adalah pemimpin negeri. tidak ada lagi tokoh yang berperan sebagai lelaki muda yang dulu miskin hina pemakan sampah dan dedaunan. seolah tokoh tersebut sudah dimatikan agar bau busuk sampah yang dulu pernah menghidupinya tidak tercium didalam singasana. Hari-hari berlalu, lelaki muda bukan menjadi tenang tapi betambah susah menghadapi hidupnya saat ini. seribu janji yang dulu pernah diucapkan sekarang sudah waktuny ditagih kembali oleh mereka yang saat ini masih memakan sampah dan dedaunan. mereka datang silih berganti namun lelaki muda tidak pernah sekalipun mau menjumpai mereka. para pemakan sampah selalu berhadapan dengan para keamanan kerajaan dengan pedang tajam.

Lelaki muda merasa hidupnya semakin tidak jelas dan berat, ditengah kebingungan yang merajainya lelaki muda tiba-tiba tersadar bahwa dia adalah seorang raja. agar hidupnya tenang dan damai lelaki muda membuat aturan-aturan dan hukum baru yang harus ditaati oleh seluruh penghuni negeri. semua makhluk hidup yang bernaung dibawah awan dan diatas tanah dalam negeri harus patuh sedangkan bagi yang melanggar akan dijatuhkan hukuman yang berat.seminggu setelah diterbitkan aturan tersebut tidak ada lagi para pemakan sampah dan dedaunan yang mendatangi istana menuntut janji. lelaki muda akhirnya senang dan bahagia terutama pendapatannya yang semakin berlimpah dari pajak negeri dan pajak-pajak lainnya.sedangkan mereka yang menjadi jembatan bagi lelaki muda tetap makan sampah dan dedaunan sambil bercerita kepada anak-anak mereka bahwa berkat bantuan mereka sang raja sekarang berkuasa dengan memperlihatkan luka-luka yang masih menganga membusuk hasil yang didapat ketika menggulingkan pemerintah yang sah.

Mungkin salah satu dari kita menjadi tokoh lelaki muda dalam dongeng atau sebaliknya menjadi tokoh pemakan sampah yang “cukup” dengan kata-kata. terserah padamu…

About pasierajaku

pasie raja akan bangkit karena putra-putrinya punya potensi-potensi luar biasa......mari buktikan...untuk pasie raja.......

Posted on Maret 12, 2011, in artikel and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. hmmm….pada dasarnya ceritanya sangat menarik. menurutku cerita ini sangat bagus..namun rangkaian kata-katanya masih terlalu amburadur..tapi kalo kata-kata nya diatur serapi mungkin cerita ini sangat menarik…
    good job pren….
    lanjutkan tulisan mu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: