Akhirnya desain stand kami jadi juara I

Ketika mendapatkan tawaran untuk mendesain stand untuk jambore UPK PNPM  aku kurang berminat karena memang disiplin ilmu yang kusandang bukan sebagai arsitektur atau sejenisnya, namun karena alasan untuk mengangkat nama baik aceh selatan secara keseluruhan akhirnya aku menyetujuinya. pada awalnya aku bingung mencari konsep dan ide yang benar-benar diluar dugaan kabupaten lain dalam merancang stand harus beda dan harus bisa menjadi juara setidak juara dua atau tiga. Setelah bergelut dengan coret-coretan aneh akhirnya aku mendapat inspirasi untuk mendesain stand yang murah dan ramah lingkungan serta gampang dibangun.

pasierajaku

Desain yang akan aku ajukan berupa stand dengan muatan lokal dengan sedikit sentuhan modern sesuai budget yang disediakan. setelah mendapatkan ide tersebut akhirnya saya bingung dengan icon aceh selatan, kalau pala terlalu umum dan gampang ditebak, sedangkan kupiah teuku umar sangat identik dengan meulaboh aceh barat, terus aceh selatan identik dengan apa??saya juga bingung setelah menjelajah kedunia maya saya juga akhirnya kecewa karena identitas aceh selatan kalo bisa terus terang sangat miskin dan bersifat general. Dalam keputusasaan akhirnya saya cari identitas yang paling jarang digunakan terutama untuk stand. Ikat kepala sedati menjadi konsep stand yang akan saya rancang. sedangkan stand untuk memajang produk berupa 5 pilar lengkap dengan tempat pajang yang dinamis agar multifungsi jadi tidak hanya sekedar nilai estetika semata namun bisa berfungsi lebih

Konsep ini akhirnya aku finalkan dan saya ajukan, namun aku sedikit kecewa karena menurut panitia kabupaten ide dan konsep stand yang saya ajukan tidak ada identitas aceh selatannya, setelah seminggu penuh menyita waktu dan pikiran akhirnya konsep stand aku diminta untuk direvisi dan diperbaiki total namun aku tidak menyerah begitu saja. aku tanyakan kepada panitia bagaimana keinginan dan konsep yang mereka inginkan dan satu hal lagi, identitas aceh selatan selain pala itu seperti apa yang cocok untuk mewakili aceh selatan secara keseluruhan di visual stand. mereka menjelaskan panjang lebar tentang konsep yang ada dalam pikiran mereka dimana dibangun gerbang atau sejenisnya diatasnya diletakkan miniatur pala sedangkan didalam stand cukup diatur meja dan sedikit pernak pernik kasab aceh di dinding.

final dest0136s

Akhirnya aku menolak untuk melanjutkan project dan fokus pada pekerjaan ku selama ini apalagi memang sedang ramai-ramainya selain itu bila memang seperti itu konsep yang mereka inginkan tahun lalu mereka bisa menggarapnya sendiri. setelah beberapa hari berlalu akhirnya panitia datang dan menyetujui konsep yang aku ajukan walaupun ada sedikit kegalauan diwajahnya aku tidak begitu peduli karena semangat aku memang sudah padam.

pasierajaku2

Aku menghubungi beberapa teman di bidang konstruksi untuk menghitung volume dan segala macam apalagi ini menyangkut beban karena bulan juni badai sedang ganas-ganasnya di banda aceh. setelah mendapatkan pencerahan aku konsultasi lagi dengan eksekutor dilapangan terutama kerumitan dan kendala-kendala yang mungkin akan dihadapi hingga akhirnya beres dan saatnya bekerja.

pasierajaku4

Konsep stand ini full ornament dimana disetiap dinding dan sudut akan ditutupi dengan ornament aceh yang sebenarnya aku ciptakan sendiri dan aku bagikan di blog, karena memang hasil karya ku maka aku menggunakan sesuka hati tanpa sedikitpun keraguan protes dari si empu ornament. dimulai dari pilar-pilar lengkap dengan stand barang mengelilinginya serta pada bagian atas dipasang gambar komoditas produk bumg pnpm setiap kecamatan di aceh selatan dan akan ditembakkan lampu dari dalam sebagai bagian dari penerangan dalam stand.

pasierajaku5

Pada waktu yang ditentukan akhirnya stand selesai dan proses eksesuki dilokasi pameran cukup heboh karena stand lain masih seperti sebelum-sebelumnya, ada beberapa stand yang langsung memodifikasi standnya dikala melihat stand kami (hheehhe cuma prasangka semata). hingga sore proses eksekusi dilapangan selesai dan pada malam harinya tinggal finishing dan lightingnya agar standnya jadi wah dan mengetarkan (sedikit dramatis).

pasierajaku3

Beberapa malam berikutnya penjurian stand akan diumumkan, aku sengaja tidak ke lokasi karena gugup dan nama baik aku dipertaruhkan apalagi kalau sempat kalah pasti akan ada bisikan-bisikan yang paling tidak asyik didengar. sekitar jam 21.00 wib akhirnya masuk pesan katanya stand UPK PNPM Aceh Selatan mendapakan Juara I, tak terbayangkan betapa bahagianya aku malam itu dimana aku berhasil menyakinkan konsep itu unik dan belum pernah ada.

About pasierajaku

pasie raja akan bangkit karena putra-putrinya punya potensi-potensi luar biasa......mari buktikan...untuk pasie raja.......

Posted on Januari 13, 2014, in cerita and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

