Gunong Manyang

Gunung manyang sekilas dilihat tidak jauh berbeda dengan gunung-gunung lain yang ada di indonesia pada umumnya. namun dibalik “biasa” gunung terbangan menyimpan berjuta misteri yang belum terpecahkan sampai dengan sekarang ini. misteri yang dimaksud berupa cerita rakyat dan legenda yang beredar dari mulut kemulut hingga pada akhirnya kami posting kedalam blog ini. mengingat terlalu banyak cerita maka disini hanya kami bahas beberapa cerita saja yang kami anggap cukup layak untuk kami posting.

Harta Peninggalan zaman raja.

berawal dari seorang pengelana singgah ke pasieraja untuk numpang shalat magrib dirumah warga. setelah shalat beliau meminta kepada tuan rumah selembar kertas dan sebatang pensil. beliau menggambarkan garis-garis berbentuk sebuah peta. kemudian memberikan kepada si tuan rumah (namanya disamarkan). beliau mengatakan gambar tersebut adalah jalan menuju ke dasar gunung manyang. meskipun agak rumit namun gambar peta tersebut dapat dimengerti oleh pemiliki rumah. sebelum kembali beranjak pergi, sang pengelana berpesan agar tetap menjalankan perintah-Nya meskipun dalam keadaan apapun. waktu terus begulir sipemilik rumah belum berniat untuk menjelajah dasar gunung manyang hingga pada akhirnya peta tersebut hilang. konon setelah peperangan, raja yang menguasai daerah pasieraja gugur dalam perang, sedangkan pengawal sekaligus tangan kanan raja mengalami luka-luka cukup parah, dengan keadaan kritis sipengawal menyelamatkan harta sang raja ke gunung manyang hingga pada akhirnya sipengawalpun sampai ajalnya dikaki gunung manyang. beberapa tahun yang lalu masih terlihat kuburan di kawasan kaki gunung manyang, tapi pada tahun 2009 lalu saat divisi eksplorer blog pasieraja napak tilas kelokasi sudah tidak ditemukan. mungkinkah ada harta raja yang tersimpan didasar gunung manyang tersebu???mungkin aja sekedar dongeng belaka……

Sarang Walet Putih

Selain cerita tentang harta peninggalan raja dahulu kala, ada versi lain yang sempat beredar dimasyarakat yaitu didasar gunung manyang tersimpan harta! sarang walet. cerita berawal pada akhir tahun-tahun 90-an seorang pemuda yang sehari-hari mengembala kerbau mengamati setiap sore kawanan burung walet menghilang diantara semak-semak gunung manyang. setelah pengamatan beberapa bulan akhirnya sipemuda mengajak ketiga kawannya untuk menjelajah gunung manyang guna mencari kemana hilangnya kawanan burung walet. sore yang sudah disepakati keempat pemuda berpencar ke empat penjuru mata angin. timur, utara, barat dan selatan. menjelang sore sepeti biasa kawanan walet kembali kesarangnya, keempat pemuda sudah siap didaerahnya masing-masing, dan salah satu diantaranya melihat arah tempat dimana kawanan walet menghilang. keempatnya kembali berkumpul memasuki semak dimana tempat walet-walet tadi menghilang. dengan bantuan senter, keempat pemuda menemukan celah-celah batu yang tertutupi semak-semak dan pohon besar. mereka menyikapi semak dan menemukan pintu goa dengan diameter 60cm. keempat pemuda memasuki goa gelap gulita memasuki lorong bebatuan hingga akihirnya menemukan ribuan sarang walet putih bergelantungan didinding goa. mereka yang sejak pertama sudah siap dengan karung segera memungut sarang walet tersebut, salah satu dari keempat pemuda meminta ketiga kawannya untuk rehat sejenak melepaskan lelah. akhirnya mereka setuju dan duduk sekitar 20 menit. namun sangat terkejut saat mereka kembali menyenter kedinding semua sarang walet sudah berubah menjadi telur cicak raksasa sebesar kelapa manusia. melihat gelagat yang mulai aneh keempat pemuda lari meninggalkan goa dan tidak pernah mencoba kembali lagi. beberapa puluh tahun kemudian mereka menceritak cerita tersebut, namun jalan dan daerah yang ada dalam cerita tersebut sudah sangat sulit ditemukan karena sudah ditumbuhi pohon-pohon besar dan semak belukar.

Dari kedua cerita diatas, masih banyak cerita-cerita yang berkembang didalam masyarakat pasieraja. untuk tingkat kebenarannya tidak ada satupun yang bisa memastikan, bisa saja cerita diatas berupa dongeng atau fiktif belaka.

  1. dipat neucok ceurita nyan????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: